Merindu Serang


Kota Serang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Jaraknya dengan ibukota Jakarta kurang lebih 91, 5 Km.

Pusat pemerintahannya sekarang terletak di KP3B, di Jl. Syech Nawawi, Palima- Serang. Pusat pemerintahan yang lama terletak di dekat alun-alun Kota Serang. Waktu kemarin hari Rabu, 9/10/2019 saya lewat tempat itu dipasang spanduk sepanjang pagar, mengumumkan bahwa sedang dilakukan perbaikan untuk di jadikan public area.

Provinsi Banten meliputi daerah Serang, Cilegon, Lebak/Rangkasbitung, Pandeglang dan Tangerang. Spot-spot wisata cukup banyak di provinsi Banten ini. Pantai Anyer yang terkenal dan beberapa wisata kuliner yang patut di coba.

Kota Serang, sudah seperti kota kelahiran saya. Sejak tahun 2005 sampai dengan 2018 saya merantau di Serang. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Jawa serang, tapi jika kita ke daerah Pandeglang dan Rangkasbitung maka penduduknya lebih sering menggunakan bahasa Sunda. Jika kita beralih ke daerah Cilegon yang khas dari Cilegon adalah Kota industri, sering disebut juga area kawasan karena banyaknya pabrik yang berdiri di Cilegon dan menyerap banyak tenaga kerja. Kalau kita melewati jalan Cilegon Anyer pada malam hari, terasa seperti di Luar negeri karena lampu – lampu yang berasal dari pabrik menyala dengan indah.

Jika Temans mampir ke Kota Serang, bisa explore beberapa tempat kuliner dibawah ini

1. Duren Jatohan Haji Arif

Terletak kearah Pandeglang. Disini temans akan disuguhi oleh durian dengan kualitas ok. Sering kan beli durian tapi setelah dibawa pulang atau dimakan ditempat, mengecewakan? Padahal kita udah bayar mahal. Tapi di DJHA, temans akan dimanjakan dengan pelayanan keren, durian tidak bagus akan diganti. Harganya memang lumayan mahal berkisar antara Rp.50.000,- sd 75.000. Disini para penggemar durian dijamin tidak akan kecewa.

2. Otak-otak Ibu Entin, terletak di Labuan. Jarak tempuhnya bisa 1.5 jam dari Kota Serang, tapi sekarang otak-otak Ibu Entin buka cabang, terletak di Palima, dekat dengan pusat kota Serang.

3. Dapur Meneer

Setahun lalu saya kesitu, tempatnya asyik, nuansa belanda gitu, buat anak-anak yang kekinian bisa nongkrong disini. Makanannya pun ok, hanya makanannya lebih ke western food. Btw dapur Meneer terletak di Karundang, Serang.

Untuk wisata museum atau peninggalan sejarah di kota Serang, memang sepertinya belum tergarap maksimal, padahal kalau kita ke area banten lama, di sana ada bekas benteng Belanda yang bisa dijadikan tempat belajar ataupun spot foto. Kedepannya semoga Pemerintahnya mulai care dengan objek objek wisata di Kota Serang.

Yang bikin rindu adalah naik bis ke tempat kerja, tempat kerja saya di Cilegon, dari Serang kita harus naik bis ada berbagai merk bis ada Primajasa, Arimbi, Asli etc. Ongkos bis Serang Cilegon hanya Rp. 5.000. Tapi sekarang naik bis sudah mulai di tata, kita sebagai penumpang harus naik dari terminal, kalau sopir bisnya mengangkut penumpang selain di Terminal Pakupatan, sopir bisnya pasti kena tilang. Pada umumnya kita para pekerja naik bis itu pukul 7 pagi, soalnya jam 8 kan jam masuk kantor.

Cerita di pagi hari naik bis setahun yang lalu pada saat mengalami kadang bikin bete, soalnya kita udah naik bis dari terminal, kalau sopir ambil lagi penumpang misalkan di depan kota serang baru, kena tilang. kalau sopir kena tilang itu jadi bikin ga enak suasana perjalanan serang cilegon, soalnya kan sopirnya pasti ngedumel terus. Ada yang lucu saking udah keselnya polisi, kadang bukan di tilang sopir bisnya tapi di suruh push up sama pak polisi wkwkw….jadi tontonan kita semua. Sepertinya kalau punishment push up itu lebih bisa kita terima.

Ada lagi, kalau lagi apes ditilang, bis nya bisa dikandangin di suruh masuk ke kantor Satlantas dan kita semua penumpang, dibubarin sama polisi. Mungkin untuk efek jera. Sebetulnya aturan tidak boleh menaikan penumpang sembarangan bisa kita terima, asalkan disediakan halte yang memang dapat mengakomodir penumpang dan jarak antar halte tidak terlalu jauh serta memang halte itu disediakan di tempat yang strategis. Bis bisa dibatasi masuk halte misalkan 10 menit ngetem untuk ambil muatan.

Tapi hal yang paling saya rindukan dari Serang dan Cilegon adalah orang-orangnya, teman teman sejawat n sahabat-sahabat. inilah sedikit cerita napak tilas saya. Miss u all good people.

Dibawah ada link video waktu saya ke Serang.

Salam Heritage

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10214428636013071&id=1333879925

Published by Nenkreni

hobby baca, nulis, bankers, an independent journalist, writerpreneur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: