Pinjaman Online Solusi Instan


Maraknya Financial teknologi (Fintek) di Indonesia mulai harus diperhitungkan oleh dunia perbankan. Kecepatan proses dan mudahnya calon nasabah mendapatkan pinjaman uang menjadi tantangan sendiri dalam dunia perbankan.

Antara perbankan dan Fintek masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi jelas proses pengajuan pinjaman di Fintek yang hanya dalam hitungan jam, dana cair ke rekening nasabah menjadi pilihan masyarakat Indonesia yang tidak mau “ribet” dalam memenuhi kebutuhan pendanaan mereka.

Dalam pengajuan pinjaman di perbankan, memakan waktu 14 hari kerja dari berkas lengkap itupun jika tidak ada kendala ‘aiueo.’

Sebagai konsumen yang membeli dan menggunakan produk Fintek, tetap kita harus bijaksana. Berikut ini Fintek-Fintek di Indonesia yang dapat memberikan anda solusi instan dalam kebutuhan dana darurat. Saya analogikan Fintek seperti hal nya mie instant, jika kita kebanyakan mengkonsumsinya itu tidak baik bagi kesehatan (keuangan-red) kita.

1. AKULAKU

Berbeda dengan platform pinjaman online lainnya, Akulaku sedikit berbeda karena tidak hanya fokus sebagai Fintek pemberi pinjaman, tetapi juga melakukan penjualan barang-barang yang dapat dilakukan secara kredit maupun cash. Saya sarankan jika ingin menggunakan akulaku, untuk meningkatkan kepercayaan akulaku maka mulailah dengan membeli barang melalui market akulaku, baik sekali bayar ataupun kredit. Ketika anda sudah melakukan transaksi lewat market akulaku, anda akan mudah mendapatkan pendanaan melalui tools kta kilat, untuk pertama kali anda akan dapat meminjam sejumlah Rp.500.000 dengan tenor 15 hari atau 22 hari, jika anda tepat waktu maka kedepannya anda dapat menaikan limit pinjaman anda. Tipe akulaku, pinjaman online dengan pembayaran satu kali bayar, tidak berupa angsuran yang dapat dicicil.

2. MY HOME CREDIT

My home credit, Fintek yang hampir sama dengan Akulaku, bahkan tampilan aplikasinya pun dengan warna dominan merah mirip dengan Akulaku, untuk My home credit, setelah kita mengunduh aplikasi pada saat log in kita akan selalu diminta untuk input pin sebanyak empat angka. Tidak banyak Fintek yang melakukan security seperti ini.

My home credit juga selain sebagai market place juga menawarkan pinjaman online, sedikit lebih secure, karena pada saat kita sudah mengajukan pinjaman maka tim customer servicenya akan menghubungi kita untuk verifikasi dan konfirmasi, pinjaman untuk pemula pun bisa diangka Rp. 7.000.000,- tetapi tenor yang disediakan lama, minimal 2 tahun dengan suku bunga yang cukup fantastis yaitu 3.6% per bulan. Sistem pembayaran di my home credit adalah cicilan.

3. TUNAIKITA

Platform Fintek Tunaikita juga bisa menjadi pilihan, untuk proses pengajuan tidak dilakukan verifikasi lagi oleh customer servicenya, tetapi pendanaan awal hanya Rp. 500.000,- ketika kita menerima dana dikurangi menjadi dikisaran Rp. 380.000,-.

Setelah pinjaman pertama selesai dilayar aplikasi Tunaikita, konsumen dapat melakukan lagi pinjaman dengan angka yang sudah ditetapkan yaitu Rp. 850.000, kemudian meningkat menjadi Rp. 1.850.000,-

Tetapi ada yang sedikit janggal di aplikasi Tunaikita, karena setelah mendapatkan limit kredit 1.8 juta, limit kredit akan turun kembali ke Rp. 500.000,-

4. ADAKAMI

Adakami adalah Fintek yang memberikan layanan cepat kepada konsumennya. Seperti halnya Fintek yang lain, kita harus mengunduh KTP, foto selfie dengan KTP, dan identifikasi wajah. Untuk proses persetujuan hanya dalam waktu kurang dari 24 jam dan tanpa verifikasi customer service. Pinjaman awal bisa di angka 1,5 juta rupiah dengan sistem cicilan dengan tenor 2 bulan dengan jumlah angsuran 1 juta per bulan.

5. JULO

Jika kita mengajukan aplikasi melalui Julo, setelah selesai mengisi data kita akan diberikan rating oleh aplikasi ini

Jika dilayar aplikasi Julo anda sudah ada pemberitahuan seperti ini, maka dapat dipastikan bahwa proses pengajuan pinjaman anda mulus, jangan lupa untuk memastikan anda mengangkat telepon dari tim Julo, yang menggunakan nomor handphone untuk melakukan cross check kepada anda sebagai calon debiturnya. Di aplikasi Julo juga anda harus membubuhkan tanda tangan elektronik dan rekaman pernyataan bahwa anda memang meminjam uang dan akan membayarnya tepat waktu. Secara legal, sepertinya aplikasi Julo memang lebih well prepared.

6. KREDIT PINTAR

Jika anda melakukan pencarian di google maka aplikasi Kredit pintar ini pasti menempati urutan teratas atau setidaknya di halaman depan pencarian

Karena merupakan platform dengan rating bagus, maka sepertinya Kredit pintar lebih selektif dalam menjaring nasabahnya. Seperti pengalaman Adinda yang melakukan pengajuan di Kredit pintar selama dua kali, tetapi keduanya ditolak oleh Kredit pintar. Padahal di Kredit pintar tidak ada customer service yang mengkonfirmasi Ikhwal peminjaman kepada calon nasabahnya. Historikal kredit konsumen sepertinya sangat diperhatikan oleh analis kredit pintar.

7. Pinjam Yuk

Platform Pinjam Yuk, adalah yang tercepat juga dalam melayani kebutuhan konsumennya, walaupun di hari libur pasti akan di konfirmasi oleh customer service. Hal ini juga yang menjadikan Fintek sebagai solusi instan keuangan, di saat institusi permodalan konvensional libur, tetapi Fintek bekerja 24 jam dan 7 hari dalam seminggu.

Pesan saya jangan lupa untuk menjawab telepon dari customer service Fintek yang sedang anda ajukan pinjaman, karena jika tidak, dapat dipastikan proses pengajuan pinjaman anda gagal.

Demikian tujuh platform pinjaman online berbasis Fintek. Tetap bijak dalam mengambil keputusan, karena diiringi kecepatan layanan Fintek, suku bunga yang harus dibayar hampir sama dengan suku bunga kartu kredit yaitu 2% per bulan, dalam hal ini di atas rata rata suku bunga bank baik pinjaman komersial maupun produktif.

Have a nice weekend and have a good choice.

Published by Nenkreni

hobby baca, nulis, bankers, an independent journalist, writerpreneur

%d bloggers like this: