WADUK DARMA BERHIAS DIRI


wp-15788318008381444803838.jpg

wp-1578834961715892656674.jpg

Waduk Darma Kuningan sekarang adalah destinasi wisata yang sedang hits ditelinga kita. Sebabnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memang mencanangkan revitalisasi untuk Waduk Darma sehingga destinasi wisata ini akan menjadi destinasi wisata bertaraf internasional.Menurut Wikipedia, luas lahan Waduk Darma kurang lebih 425 hektar, pada zaman penjajahan Belanda pembangunan Waduk sempat terhenti karena pendudukan Jepang. Jika kita hitung mundur, pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 dan pembangunan revitalisasi dimulai tahun 2019, 77 tahun. Hampir delapan dekade akhirnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat tergerak untuk mengubah wajah Waduk Darma. Big Applause.

Gazebo di Waduk Darma

Gazebo di sepanjang pintu masuk sudah mulai berdiri dan tertata rapi, begitu juga pedestrian yang berada di bibir bendungan sedang dalam tahap penataan.

Pedestrian Waduk Darma
Next, pedestrian ini dapat memanjakan wisatawan untuk menikmati pemandangan hijau lembah serta riak air waduk.

Beautiful Landscape at Waduk Darma

Wisatawan dapat menikmati perahu ke tengah danau dengan hanya membayar Rp.15.000/orang. Hanya karena saya memang sedikit paranoid, kalau sudah berurusan dengan air harus safety, saya lebih prefer, jika naik perahu penumpang seharusnya menggunakan life jacket. Kedepannya semoga pengelola Waduk Darma concern terhadap safety para pengunjung terutama untuk arena permainan naik perahu.Untuk arena permainan anak juga ada, hanya belum maksimal karena seperti kereta atau mobil-mobil permainan anak sudah berkarat. Anak-anak sih pastinya tetap have fun. Gazebo-gazebo yang lama masih ada walaupun kondisi memang kurang baik, waktu itu saya dan komunitas menggunakan gazebo lama karena spot nya lebih indah memandang di area tersebut.

Deretan perahu yang siap mengantarkan wisatawan ke tengah Danau

Dipenghujung blog, ada dua hal yang belum tersampaikan. Pertama tiket masuk Waduk Darma Rp. 15.000/orang dan yang kedua selamat menikmati pesona Waduk Darma yang perlahan tapi pasti mulai cantik.

Salam Heritage

Published by Nenkreni

hobby baca, nulis, bankers, an independent journalist, writerpreneur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: