Museum Geologi Bandung


Museum Geologi Bandung (Sekelompok Ibu-ibu ber-selfie ria di salah satu objek museum)

Museum Geologi Bandung terletak di Jalan Diponegoro nomor 57 Cihaur Geulis Bandung. Pertama kali masuk ke gedung ini suasananya hampir mirip dengan Museum Gajah atau Museum Nasional Indonesia yang ada di Jakarta.

Tiket masuknya pun relatif murah untuk pelajar dua ribu rupiah, umum tiga ribu rupiah, dan untuk wisatawan asing sepuluh ribu rupiah.

Pertama masuk kita akan disuguhi oleh fosil gajah. Gajah yang ditemukan di Blora dan dipercaya sebagai leluhur gajah di seluruh kawasan Asia.

Geologi menurut Wikipedia adalah ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Sesuai dengan pengertiannya, museum geologi di Bandung menampilkan film yang menceritakan terbentuknya bumi. Jika anda membawa putra-putri di bangku sekolah dasar, sangat pas bagi mereka untuk menonton video ini.

Bebatuan yang terbentuk dari alam ditampilkan di museum ini. Bebatuan tersebut terbentuk dari proses alam. Ada 3 jenis bebatuan, yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf

Contoh bebatuan beku adalah batu obsidian

Batu obsidian yang belum diasah

Selain bebatuan, ada juga jenis jenis logam dan mineral dalam bentuk alami ditampilkan di museum geologi. Begitu juga dengan proses pemisahan minyak dan gas dari dalam bumi, sketsa ringkasnya di sajikan di museum geologi Bandung.

Published by Nenkreni

hobby baca, nulis, bankers, an independent journalist, writerpreneur

%d bloggers like this: