Penyakit Maag

Gambar by pfimegalife.co.id

ilustrasi gambar- by pfimegalife.co.id

Ditengah wabah Corona, ada aja sesuatu yang bikin gua, harus ke rumah sakit, ya btw karena gua pernah berinteraksi dengan temen yang dinyatakan ODP (Orang dalam pengawasan) karena pelatihan di batavia, terpaksa gua harus ke rumah sakit buat cek kondisi kesehatan gua.  Padahal gua berinteraksi ama dia udah lewat dari 14 hari, tapi ya tetep aja SDM kantor nyuruh gua buat cek kesehatan.

Akhirnya gua pilihlah RS jantung Hasna Medika yang ada di Cigugur Kuningan. Dan mumpung kesana, gua sekalian aja mau konsultasi soal dada kanan gua yang terkadang nyeri, ada rasa kayak dicubit dikit. Gua minta rontgen paru ngecek kondisinya juga, Alhamdulillah sih hasil rontgen paru bagus masih dalam batas normal. Cuman kayaknya gua harus jauh jauh aja dari asap rokok.

Yang bikin agak kaget sih malah diagnose dokter  bahwa gua punya maag? What perasaan makan teratur sih…eh tapi bentar dulu…kayaknya selama 13 tahun kebelakang memang pola makan gua ancur ancuran, kadang ga sarapan lah, soalnya kerjaan dibidang jasa yang emang wajib n kudu ngelayanin customer jadi pola makan rada terabaikan. Padahal gua pikir, gua ada masalah jantung juga, soalnya hasil ekg nya ada yang kurang bagus, tapi kata dokter  kalo jantung, di umur gua yang 38, masih menstruasi,  jantung insyaAllah ok.

Waktu ngantri di RS, jauhan karena harus physical distancing

Yang gua rasain :

  1. Sakit dibagian dada kanan  (di payudara kanan yang menurut dokter itu adalah ulu hati), rasa sakitnya hilang dan timbul kadang kalo jongkok kerasa.
  2. Suka sendawa terus kalo dikerokin.
  3. Beberapa hari sebelumnya gua sempet abis makan, malah keluar lagi makanannya.

Sejauh ini sih cuman itu. And then dokter nya bilang coba gua pakai dulu obatnya dua minggu, dan nanti konsul lagi. (Tapi dokternya bilang sih kalo lagi kondisi wabah selama masih ditahan sakitnya mendingan jangan ke rumah sakit).

Nasihat dari dokter sp penyakit dalam yang gua datengin

  • Jangan makan yang pedes, mie instan, kopi, yang asem asem—ini kata dokter yang gua datengin yaaa dan ya ampuuun, selama ini banyak banget yang gua langgar. Makanan pedes gua suka, tapi cabe rawit yah, bukan bumbu bumbu pedes yang marak sekarang ini, mie instan kadang sebulan sekali pasti gua ada makan mie instan, kopi….gua ga suka kopi kalo bikinan sendiri, tapi dengan maraknya café café dan kopi yang namanya aneh aneh itu gua doyan banget, makanan asem, gua juga doyan hiks hiks hiks….rujak contohnya, hampir tiap hari gua makan rujak.

Ya Allah makanan diatas harus gua tinggalin semua kalo gua pengen sehat, harus bisa.

Selain itu gua searching searching juga dan dapetlah di websitenya halodoc sebagai berikut

  • Jangan tidur dengan perut kenyang. Makanlah makanan setidaknya 2 hingga 3 jam sebelum berbaring. Tujuannya untuk memberikan waktu makanan untuk dicerna dan keluar dari perut. Kadar asam juga akan turun sebelum kamu membaringkan tubuh yang dapat memicu mulas.

—-Ini sering gua lakonin hiks hiks

  • Jangan makan berlebihan. Makanlah dengan porsi yang lebih kecil atau cobalah makan empat hingga lima kali dalam porsi kecil. Makan berlebihan memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.
  • Makan perlahan. Makan terlalu cepat bisa memicu kambuhnya maag. Pasalnya, makanan yang tidak dikunyah dengan baik membuat lambung bekerja lebih keras, sehingga maag pun dapat terjadi.
  • Miliki berat badan sehat. Bagi kamu yang sudah memiliki berat badan sehat, pertahankan sebisa mungkin. Kalau kamu punya berat badan berlebih, sebaiknya turunkan ke angka yang lebih sehat.

—dua tahun ini emang berat badan gua 65 kg bow, dengan tinggi badan hanya 157 kg harus diet diet, olahraga.

  • Berhenti merokok. Nikotin dalam rokok melemahkan bagian tubuh yang disebut sfingter esofagus bagian bawah. Otot tersebut mengontrol celah antara kerongkongan dan perut. Ketika ditutup, hal tersebut membuat asam dan hal-hal lain di perut tidak naik kembali.

—ini Alhamdulillah kagak pernah gua ngerokok

  • Hindari alkohol. Sudah bukan rahasia lagi kalau alkohol dapat mengiritasi lambung. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol berlebihan.

—ini juga Alhamdulillah ga pernah, jangan sampe ya guys.

Sekian curhatan gua dan tips yang gua sadur dari salah satu website, reminder for myself and for you guys sobat halokuningan.com

Salam Sehat

Published by Nenkreni

hobby baca, nulis, bankers, an independent journalist, writerpreneur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: