Korban Tewas Palestina di Tepi Barat Gaza, Meningkat

Warga Palestina membawa jenazah Mahmud Tolba yang berusia 15 tahun, yang tewas dalam serangan udara Israel, dalam pemakamannya di lingkungan Al Zaitun di timur Kota Gaza [Haitham Imad / EPA]

Jumlah orang yang terbunuh oleh pemboman Israel di daerah kantong yang terkepung meningkat menjadi 139, dengan 13 orang juga tewas oleh pasukan Israel di Tepi Barat yang diduduki.

Pengeboman Israel di Jalur Gaza berlanjut selama lima hari berturut-turut, dengan serangan udara Israel menghantam kamp pengungsi di mana setidaknya 10 warga Palestina, termasuk delapan anak, tewas.

Pada Sabtu dini hari, petugas penyelamat masih berusaha menarik mayat dari bawah reruntuhan karena diyakini lebih banyak orang telah tewas. Hamas, kelompok yang mengontrol daerah kantong yang terkepung, menanggapi serangan terbaru dengan menembakkan rentetan roket ke arah kota Askhelon dan Ashdod di Israel selatan. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Setidaknya 139 warga Palestina, termasuk sekitar 40 anak, telah tewas di Jalur Gaza sejak Senin. Sekitar 950 lainnya terluka. Di Tepi Barat yang diduduki, pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 13 warga Palestina yang memprotes pendudukan Israel yang terus berlanjut dan pemboman yang sedang berlangsung di Gaza. Konfrontasi antara polisi Israel dan demonstran Palestina berlanjut hingga malam di Yerusalem Timur yang diduduki.

Sedikitnya delapan orang di Israel juga tewas. Tentara Israel mengatakan ratusan roket telah ditembakkan dari Gaza ke berbagai lokasi di Israel dan mereka telah menambahkan bala bantuan di dekat tanah timur kantong itu.

Dengan meningkatnya kekerasan, krisis kemanusiaan semakin memburuk, ribuan keluarga Palestina berlindung di sekolah-sekolah milik Perserikatan Bangsa-Bangsa di Gaza utara untuk menghindari tembakan artileri Israel. PBB mengatakan diperkirakan sekitar 10.000 warga Palestina telah meninggalkan rumah mereka di Gaza di tengah serangan Israel.

Warga Palestina diserang Israel pada hari Sabtu untuk menandai 73 tahun Pembersihan etnis oleh milisi Zionis yang ingin menciptakan negara Israel. Peristiwa itu disebut Nakba, atau "Bencana", dalam sejarah Palestina.

Sumber : https://www.aljazeera.com/

Published by Nenkreni

hobby baca, nulis, bankers, an independent journalist, writerpreneur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: